Pelajari Tentang Apresiasi Seni, Tujuan Dan Tingkat

Apresiasi adalah reaksi pribadi kita terhadap karya seni yang mengarah pada penilaian terhadap karya seni tersebut. Berikut pembahasan lengkap tentang pengertian, tujuan, persebaran, dan tingkat apresiasi seni.

Pengertian Apresiasi Seni

Dikutip dari buku Art Appreciation: Dance & Music 3: Kelas XII SMA karya penerbit Yudhistira Ghalia Indonesia, Appreciation merupakan kata yang berasal dari bahasa Belanda, artinya apresiasi atau apresiasi dalam bahasa Inggris. Sodarso SP, koreografer tari nasional, mendefinisikan apresiasi seni sebagai pemahaman dan kepekaan terhadap aspek estetika sehingga seseorang dapat mengapresiasi dan menilai karya seni dengan baik.

Ia juga menjelaskan bahwa apresiasi merupakan bagian dari tujuan pendidikan seni yang terdiri dari tiga hal:

– nilai (nilai). Ini adalah kegiatan yang mengevaluasi pengalaman estetika dan makna keindahan seni dan fungsi seni dalam kehidupan. – Empati, yaitu kegiatan memahami dan mengapresiasi karya seni. -feeling, artinya membeli sebuah karya seni sehingga Anda bisa menikmatinya.

sasaran

Dalam buku Tema Tematik Kreatif 3 karya tim Tunas Karya Guru, tujuan apresiasi seni adalah:

1. Mengevaluasi dan mengembangkan nilai keindahan karya. 2. Kreativitas dan imajinasi orang yang mengapresiasi seni juga bisa dipupuk. 3. Karya seni dapat dikuasai berdasarkan makna yang diciptakannya.

Berbagi Apresiasi Seni

Berdasarkan buku “Seni dan Budaya” karya Harry Sulastianto dkk. Estimasi dibagi menjadi dua bagian.

1. Praduga Negatif Praduga ini adalah praduga yang tumbuh dengan pembiasaan negatif dan memungkinkan seseorang sampai pada tahap penghakiman. Apresiasi ini dilakukan dengan berbagai cara, seperti melihat foto dan melihat karya. 2. Apresiasi aktif

Syukur aktif merupakan kelanjutan dari syukur pasif, yang mendorong tindakan setelah syukur negatif.

tingkat apresiasi seni

Tingkatan penilaian yang mengutip buku Tema Kreatif Staf Guru 3 antara lain:

1. Apresiasi empatik yaitu mengamati dan menilai baik buruknya seni. 2. Apresiasi estetik, sikap apresiasi terhadap seni yang memadukan pengamatan dan penghayatan yang mendalam. 3. Apresiasi kritis, yaitu apresiasi melalui klasifikasi ilmiah, analisis, interpretasi, dan evaluasi karya seni.

Pembahasan mengenai pengertian, tujuan, klasifikasi, dan tahapan apresiasi seni. Semoga membantu, Detikers!.

Red more